FAQ
Apa itu Pengiriman INSTAN, SAMEDAY dan NEXTDAY?
Pengiriman INSTAN yaitu pengiriman yang dilayani dengan estimasi sampai 1-2 jam. Durasinya dihitung setelah pesanan selesai dibuat di toko/warung/resto lalu diantarkan sampai ke tempat tujuan pengiriman. Jadi bukan dihitung saat orderan masuk ke kurir.
Contoh: Kurir dapat orderan jam 10.00 WIB. Lalu datang ke toko/warung/resto dan sesampainya disana, pesanan baru selesai dibuat jam 12.00 WIB. Jadi pengantaran ke tempat tujuan maksimal sampai jam 16.00 WIB (estimasi sampai sekitar 1-2 jam dari jam 12.00 WIB, setelah pesanan selesai dibuat).
Pengiriman SAMEDAY adalah pengiriman yang dilayani dengan estimasi sampai selama 24 jam. Yang membedakan, pengiriman SameDay diantarkan dari jam orderan masuk ke kurir dan pengantarannya maksimal 24 jam dari orderan masuk.
Contoh: Kurir dapat orderan jam 09.00 WIB, lalu datang ke toko/warung/resto. Khusus pengiriman SameDay, pesanan tersebut harus sampai ke tempat tujuan pengiriman maksimal jam 21.00 WIB (estimasi sampai selama 24 jam, jadi batas maksimalnya dari jam 09.00-21.00 WIB)
Pengiriman NEXTDAY adalah pengiriman yang dilayani dengan estimasi sampai H+1. Untuk pengiriman jenis ini, harus ada konfirmasi dari pihak pemesan/konsumen, bahwa pesanan tersebut diantarkan keesokan harinya. Biasanya pengiriman NextDay dipilih saat membeli Buah, Sayuran atau Frozen Food untuk kebutuhan memasak esok harinya.
Contoh: Kurir dapat orderan jam 07.00 WIB, lalu pemesan/konsumen mengkonfirmasi bahwa pesanan tersebut diantarkan jam 09.00 WIB esok hari, karena pesanan tersebut akan digunakan untuk bekal kerja keesokan harinya (estimasi sampai H+1 dan batas maksimal sampai sesuai dengan request pemesan/konsumen, di kasus ini, maksimal sampai jam 09.00 WIB keesokan harinya).
Berapa Biaya Ongkirnya?
Biaya ongkir yang diberikan sebesar Rp 1000,-/km. Jaraknya dihitung dari toko/warung/resto tempat konsumen melakukan pemesanan dengan tempat tujuan pengiriman. Lokasi toko/warung/resto yang dipilih JasTip Express sesuai dengan informasi yang ada pada deskripsi produk (lebih tepatnya pada Info Detail Kuliner, didalamnya tercantum nama toko/warung/resto beserta alamat toko/warung/restonya. Alamat itulah yang akan digunakan untuk mengukur seberapa jauh toko/warung/resto dengan tempat tujuan pengiriman)
Berapa Jangkauan yang Dilayani?
Jangkauan area pengantaran/pengiriman seputaran Purbalingga. Jika dirasa akses ke lokasi pengiriman terlalu jauh atau terlalu sulit untuk dilalui, JasTip Express berhak untuk menolak pesanan tersebut.
Tolak Ukur Lokasi Pengiriman dikatakan Jauh dan Sulit itu Seperti Apa?
Ada beberapa tolak ukur yang dipakai seperti,
- Jarak yang diukur via Google Maps, jika jaraknya lebih dari 30km tentu tidak efektif bagi kurir untuk bolak-balik mengantarkan pesanan tersebut, terlebih jika hanya 1 pesanan ataupun banyak pesanan yang dibawa kurir.
- Durasi yang diukur via Google Maps, jika durasi sampai ke lokasi pengiriman lebih dari 2 atau bahkan 3 jam, tentu tidak efektif bagi kurir. Apalagi layanan pengiriman yang digunakan Instan.
- Medan yang dilalui memang sudah diketahui sebelumnya berbahaya seperti terlalu curam, hujan lebat disertai angin, dan hal-hal lainnya berdasarkan pertimbangan keamanan dan keselamatan untuk kurir.
Hal diatas masih bisa terjadi pengecualian jika ada pertimbangan lain yang lebih meyakinkan.
Kenapa Transaksi COD dibatasi?
Sementara ini, transaksi COD bisa dilayani dari orang-orang yang sudah dikenal, dilokasi-lokasi yang jelas dan pesanan dengan nominal rendah. Orang-orang yang sudah dikenal seperti saudara, teman ataupun keluarga. Lokasi-lokasi yang jelas seperti alamat kantor, bank, sekolah, dan atau sejenisnya. Nominal rendah, maksimal total pesanan Rp 30.000,- (ex. Ongkir)
Bagaimana Mengantisipasi Fraud dan Orderan Fiktif?
Setiap orderan yang masuk akan dicek lebih dulu di sistem. Setelah dirasa aman, selanjutnya pesanan tersebut diproses lebih dulu di JasTip Express sebelum akhirnya diberikan kepada kurir. Jika terjadi pemesanan barang diluar website JasTip Express maka pesanan tersebut dikatakan Fraud, karena tidak sesuai. Jadi harus pesan sesuai dengan barang-barang yang sudah tersedia di website JasTip Express.
Orderan fiktif biasanya ditandai dengan pesanan jumlah banyak dengan alamat tujuan pengiriman yang ambigu atau pesanan jumlah banyak tapi pembayaran COD. Untuk mengantisipasi hal tersebut, JasTip Express tidak akan memprosesnya dengan memastikan konsumen sudah melakukan pembayaran via Transfer/ShopeePay/GoPay.